Skip to main content

Soal Ulangan dan Jawaban Bahasa Indonesia tentang "Diskusi"Kelas IX Semeter Genap Kurmer

I. Soal Pilihan Berganda

 1. Sebuah teks yang isinya mengulas tentang satu isu dilengkapi opini atau argumen, entah mendukung atau menyanggah isu yang dibicarakan, kemudian diakhiri dengan kesimpulan atau saran dari penulis. Definisi tersebut merupakan pengertian dari…

a. teks observasi

b. teks diskusi

c. teks eksposisi

d. teks berita

B. Teks Diskusi


2. Yang merupakan ciri utama dari sebuah teks diskusi adalah…

a. pola tulisan berupa kausalitas dan kronologis

b. adanya aspek adiksimba

c. ada argumen mendukung atau pro dan penentang atau kontra

d. pendapat dengan fakta atau argumen

C. Ada argumen mendukung atau pro dan penentang atau kontra


3. 4 struktur teks diskusi adalah…

a. argumen pendukung, simpulan, argumen menentang, orientasi

b. isu, argumen pendukung, argumen menentang, simpulan

c. pernyataan umum, opini, argumen, simpulan

d. isu, komplikasi, resolusi, simpulan

B. Isu, Argumen pendukung, Argumen menentang, Simpulan


4. Yang merupakan tujuan dari sebuah teks diskusi adalah…

a. mencapai kesepakatan gagasan atau pendapat, diskusi melibatkan kelompok

b. menginformasikan peristiwa di alam, politik, sosial, dll secara nyata

c. menyampaikan informasi faktual dan nyata

d. mengulas atau evaluasi karya sastra dan non sastra

A. Mencapai kesepakatan gagasan atau pendapat, diskusi melibatkan kelompok


5. Yang bukan merupakan jenis teks diskusi adalah…

a. symposium

b. muktamar

c. seminar

d. drama kolosal

D. Drama kolosal


6. Tujuan penulis dalam teks diskusi tersebut adalah...

a. Orang tua dilarang memberikan HP kepada anaknya.

b. Memberikan pandangan terkait penggunaan HP untuk anak.

c. Anak tidak boleh menggunakan HP untuk mencari informasi.

d. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan tentang penggunaan HP bagi anak.

B. Memberikan pandangan terakhir penggunaan HP untuk anak 


7. Pemberian HP untuk anak-anak sebenarnya tidak wajib. Namun, jika memang sangat diperlukan, orang tua harus memberikan pengawasan ketat kepada anaknya. Pernyataan tersebut terdapat pada paragraf ke- …

a. 1

b. 2

c. 3

d. 4

D. 4



8. Pilihlah pernyataan yang benar.

a. Paragraf 2 berisi pendapat yang menguatkan; paragraf 3 merupakan pendapat yang kontra.

b. Paragraf 3 berisi pendapat akhir penulis; paragraf 4 berisi mengenai simpulan dari penulis.

c. Paragraf 1 berisi isu atau permasalahan; paragraf 2 berisi pendapat yang menentang.

d. Paragraf 4 berisi isu atau permasalahan; paragraf 1 berisi simpulan dari penulis.

A. Paragraf 2  berisi pendapat yang menguatkan; paragraf 3 merupakan pendapat yang kontra


9. Tidak hanya berkomunikasi, smartphone juga digunakan untuk membantu keperluan manusia lainnya. Kalimat tersebut merupakan bagian...

a. Pendapat yang menentang

b. Pendapat yang mendukung

c. Isu/permasalahan

d. Simpulan

C. Isu/permasalahan


10. Mana di antara pernyataan berikut yang tidak sesuai dengan paragraf ketiga?

a. Anak-anak belum saatnya untuk diberikan teknologi yang canggih.

b. Tidak semua informasi-informasi di internet itu baik bagi anak-anak.

c. Banyak konten berbahaya dari internet yang tidak boleh diakses oleh anak-anak.

d. Dengan adanya HP membuat anak-anak aktif dan mudah bergaul dengan lingkungan.

D. Dengan adanya HP membuat anak-anak aktif dan mudah bergaul dengan lingkungan


11. Hal-hal yang perlu dikerjakan oleh seorang penyaji dalam diskusi tertera di bawah ini, kecuali...

a. Menjawab tanggapan-tanggapan peserta diskusi.

b. Menulis notula tentang jalannya seminar.

c. Menyampaikan salam pembukaan.

d. Tidak membacakan makalah karena telah dibagikan sebelumnya.

B. Menulis notula tentang jalannya seminar


12. Jika hendak mengungkapkan pendapat dalam suatu diskusi, perlu dilakukan persiapan seperti yang tertera pada pernyataan di bawah ini, kecuali...

a. Mempelajari masalah yang akan didiskuskan.

b. Melengkapi pengetahuan kita mengenai masalah terseut dengan membaca buku, majalah, surat kabar, dan bertia di media elektronik.

c. Membuat rangkuman tentang masalah yang dibicarakan dengan lengkap dalam urutan yang padat.

d. Latihan vokal sebelum hadir di forum diskusi.

D.  Latihan vokal sebelum hadir di forum diskusi


13. Berikut termasuk sopan santun dalam menyampaikan tanggapan adalah...

a. Memberikan alasan yang masuk akal.

b. Tidak menunjukkan bagian yang ditanggapi.

c. Menggunakan bahasa yang kurang komunikatif.

d. Menyampaikan alasan secara subjektif.

A. Memberikan alasan yang masuk akal


Sekarang ini hampir semua orang memiliki media sosial. Tak hanya kawula muda (…) orang tua dan anak-anak pun bahkan mempunyai. Media sosial merupakan laman atau aplikasi yang memungkinkan pengguna dapat membuat dan berbagi isi atau terlibat dalam jaringan sosial. Selain mudah dalam menggunakan, media sosial juga begitu familier.

14. Gagasan pokok pada kalimat tersebut adalah bahwa media sosial...

a. Hampir dimiliki setiap orang

b. Dimiliki kawula muda

c. Sarana berbagi

d. Begitu 

A. Hampir dimiliki setiap orang


15. Makna kata familier adalah...

a. Aneh

b. Akrab

c. Jarang

d. Banyak

B. Akrab


16. Jika hendak mengungkapkan pendapat dalam suatu diskusi, perlu dilakukan persiapan seperti yang tertera pada pernyataan di bawah ini, kecuali ...

a. Mempelajari masalah yang akan didiskusikan

b. Melengkapi pengetahuan kita mengenai masalah tersebut dengan membaca buku, surat kabar, majalah, dan berita di media elektronik

c. Membuat rangkuman tentang masalah yang dibicarakan dengan lengkap dalam urutan yang padat

d. Latihan vokal sebelum hadir di forum diskusi

D. Latihan vokal sebelum hadir di forum diskusi


17. Hal yang perlu dikerjakan oleh seorang penyaji dalam diskusi tertera di bawah ini, kecuali ...

a. Menjawab tanggapan-tanggapan peserta diskusi

b. Menulis notula tentang jalannya seminar

c. Menyampaikan salam pembukaan

d. Tidak membacakan makalah karena telah dibagikan sebelumnya

B. Menulis notula tentang jalannya seminar


18. Permasalahan yang akan disajikan dalam diskusi kelas disusun ke dalam bentuk ...

a. Artikel

b. Laporan

c. Rangkuman

d. Makalah

D. Makalah


19. Seseorang yMakalahn menyampaikan pendapat perlu mengingat beberapa hal berikut, kecuali ...

a. Menggunakan fakta, ilustrasi, contoh, dan kesaksian

b. Menyaikan dengan menarik, baik isi maupun bahasanya

c. Menggunakan kecepatan tinggi dan memberikan penekanan pada bagian penting

d. Menyampaikan dengan jelas, sistematis, dan logis

C. Menggunakan kecepatan tinggi dan memberikan penekanan pada bagaian penting


20. Hal-hal berikut yang perlu diperhatikan dalam menyampaikan pendapat berupa persetujuan, kecuali ...

a. Menggunakan bahasa nonformal

b. Menggunakan data pendukung

c. Menggunakan uraian yang padat

d. Bersifat memperkuat pendapat

A. Menggunakan bahasa nonformal


21. Berikut hal-hal yang tidak perlu diperhatikan dalam mengemukaan pendapat atau tanggapan adalah ...

a. Tanggapan yang dikemukakan harus berhubungan atau sesuai dengan topik

b. Tanggapan dikemukaan dalam uraian yang lebar

c. Menggunakan kata yang tepat dan bersahaja

d. Menggunakan kalimat yang mudah dipahami

B. Tanggapan dikemukakan dalam uraian yang lebar


22. Berikut kalimat pernyataan tidak setuju yang santun adalah ...

a. Kami kurang sependapat dengan gagasan saudara

b. Kami akan mempertimbangkan gagasan saudara

c. Pendapat Anda masih perlu ditinjau kembali

d. Saudara pembicara, pendapat Anda tersebut sepertinya masih meragukan

A.  Kami kurang sependapat dengan gagasan saudara


23. Percakapan yang melibatkan pemirsa atau pendengar dengan narasumber atau pembicara disebut ...

a. Diskusi kelompok

b. Dialog interaktif

c. Rapat

d. Diskusi panel

B. Dialog interaktif


24. Komunikasi timbal balik dengan sarana bahasa antara dua orang atau lebih untuk memperdalam pemahaman suatu masalah agar dapat mencapai kesepahaman dan memutuskan pengambilan langkah tertentu dalam rangka suatu kerja sama tetap merupakan pengertian ...

a. Diskusi kelompok

b. Dialog interaktif

c. Rapat

d. Diskusi panel

C. Rapat


25. Diskusi yang dilakukan oleh sekolompok orang dan membahas sebuah topik yang menjadi perhatian umum di hadapan khalayak, bisa juga pendengar radio atau penonton televisi adalah pengertian ...

a. Diskusi kelompok

b. Dialog interaktif

c. Rapat

d. Diskusi panel

D. Diskusi panel


26. Diskusi ini merpakan variasi dari diskusi panel dan terdapat beberapa ahli yang memiliki pandangan berbeda tentang permasalahan yang sedang dibicarakan dan disampaikan dalam diskusi tersebut merupakan pengertian ...

a. Simposium

b. Seminar

c. Konferensi

d. Komite

A.  Simposium


27. Diskusi ini terdiri atas moderator, notulis, pemasaran, pembahas, dan peserta. Diskusi ini bertujuan untuk mencari kesepakatan langkah atau pandangna dalam menghadapi suatu persoalan disebut ...

a. Simposium

b. Seminar

c. Konferensi

d. Komite

B. Seminar


28. Bentuk diskusi resmi yang mengacu pada pengambilan tindakan. Dan diskusi ini bertujuan untuk membuat keputusan bersama dan bertindak sesuai dengna keputusan tersebut merupakan pengertian ...

a. Simposium

b. Seminar

c. Konferensi

d. Komite

C. Konferensi


29. Dalam diskusi kelas, kamu ditugasi oleh guru menjadi moderator. Diskusi tersebut membicarakan "Bahaya Narkotika". Kalimat pendahuluan untuk memulai diskusi yang tepat bagi seorang moderator adalah ...

a. Teman-teman, pada saat ini kita akan membicarakan "Bahaya Narkotika"

b. Teman-teman, sebaiknya diskusi ini kita buka meskipun yang hadir belum lengkap

c. "Bahaya Narkotika" merupakan tema diskusi kita hari ini

d. Marilah kita mulai mendiskusikan masalah "Bahaya Narkotika" ini

D. Marilah kita mulai mendiskusikan masalah "Bahaya Narkotika" ini


30. Berikut termasuk sopan santun dalam menyampaikan tanggapan adalah ...

a. Memberikan alasan yang masuk akal

b. Tidak menunjukkan bagian yang ditanggapi

c. Menggunakan bahasa yang kurang komunikatif

d. Menyampaikan alasan secara subjektif

A. Memberikan alasan yang masuk akal


II. Soal Uraian

1. Apa yang kamu ketahui tentang diskusi?

Jawab : Diskusi adalah percakapan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih untuk membahas suatu topik tertentu dengan tujuan saling bertukar ide, pendapat, dan informasi.


2. Apa yang dimaksud dengan teks diskusi?

Jawab : Teks Diskusi adalah media yang digunakan untuk mencatat hal - hal penting tentang suatu masalah dalam pertemuan ilmiah. 


3. Apa kegunaan dari teks diskusi?

Jawab : Menyajikan pendapat, sudut pandang, atau perspektif yang berbeda terhadap suatu masalah. Selain itu, bertujuan sebagai media untuk menguji gagasan diri sendiri, maupun menguji gagasan atau pendapat dari orang lain. 


4. Jelaskan struktur dari teks diskusi!

Jawab : Struktur Teks Diskusi

1. Pendahuluan (Isu)

Isu adalah unsur dalam teks diskusi yang berisi gambaran atau fenomena permasalahan yang akan dibahas dalam kegiatan diskusi. Misalnya saja, dalam pertemuan ini, permasalahan yang akan dibahas adalah pemilihan pengurus desa.


2. Isi (Rangkuman Argumen)

Ketika akan berdiskusi, tentunya kita punya latar belakang atau alasan dibalik kenapa kita harus berdiskusi. Umumnya ada permasalahan yang harus dicari solusinya melalui diskusi. Hal tersebut ialah rangkaian argumen.

Argumen ketika berdiskusi bersifat:

Berisi ide pokok atau pendapat, baik pro maupun kontra, serta alasan logis yang mendasari pendapat tersebut. Disampaikan dengan bahasa yang persuasif.


3. Simpulan atau saran

Simpulan dalam teks diskusi adalah rekapitulasi hasil, rekomendasi, atau solusi dari permasalahan yang sudah dibahas. Sebaiknya, hasil diskusi haruslah berisi rekomendasi atau jalan tengah untuk mencari solusi dari permasalahan yang sedang terjadi


5. Berikan contoh argumen mendukung dan argumen menentang tentang  

    isu peralihan kompor gas menjadi kompor listrik!

Jawab

Mendukung = Keamanan: Kompor listrik lebih aman digunakan dibandingkan kompor gas. Risiko kebakaran dan ledakan lebih rendah karena tidak ada api terbuka. 

Menentang = Biaya: Kompor listrik dan instalasi listriknya cenderung lebih mahal dibandingkan kompor gas. Selain itu, biaya listrik yang tinggi juga dapat menjadi beban bagi masyarakat

Comments

Popular posts from this blog

Putu Ayu : Sebuah Kue Tradisional Indonesia

Putu Ayu, kue tradisional Indonesia yang mungil dan manis, menyimpan pesona yang jauh melampaui ukurannya. Lebih dari sekadar camilan, Putu Ayu merupakan representasi dari kekayaan kuliner Nusantara, sebuah perpaduan sempurna antara tekstur lembut dan rasa yang menggugah selera. Aroma harum pandan dan rasa manis legitnya mampu membangkitkan kenangan masa kecil, mengantar kita berkelana ke kampung halaman, dan mengingatkan akan kekayaan warisan kuliner Indonesia. Artikel ini akan melakukan eksplorasi mendalam mengenai Putu Ayu, mulai dari sejarahnya yang penuh misteri, variasi resep yang beragam, teknik pembuatannya yang unik, hingga nilai budaya dan potensi ekonomi yang melekat padanya. Kita akan menyelami lebih dalam setiap aspek, mengungkap detail-detail yang mungkin terlewatkan dalam pemahaman kita sebelumnya. Sejarah Putu Ayu: Menelusuri sejarah Putu Ayu memang seperti memecahkan teka-teki. Tidak ada catatan tertulis yang secara pasti menunjuk kapan dan di mana kue ini pertama ...

Keris: Lebih dari Sekadar Senjata, Simbol Kekuasaan, Seni, dan Spiritualitas Jawa

Keris, senjata tajam berbilah tunggal khas Nusantara, khususnya Jawa, jauh melampaui fungsi semata sebagai alat perang. Ia merupakan representasi dari perpaduan seni, spiritualitas, dan kekuasaan yang telah terpatri dalam sejarah dan budaya Jawa selama berabad-abad. Lebih dari sekadar benda mati, keris diyakini memiliki kekuatan magis dan spiritual yang mampu mempengaruhi pemiliknya. Artikel ini akan mengupluk tuntas berbagai aspek keris, mulai dari sejarah dan asal-usulnya, proses pembuatan dan jenis-jenisnya, hingga makna filosofis dan perannya dalam masyarakat Jawa.   Sejarah dan Asal-Usul Keris: Jejak Misterius di Nusantara Asal-usul keris masih menjadi misteri yang menarik perhatian para ahli sejarah dan arkeologi. Tidak ada catatan pasti kapan dan di mana keris pertama kali dibuat. Namun, berbagai teori dan bukti arkeologis menunjukkan bahwa keris telah ada di Nusantara sejak abad ke-14 Masehi, bahkan mungkin lebih awal lagi. Beberapa teori mengaitkan asal-usul...

Tingkeban: Tradisi Jawa yang Sarat Makna, Merayakan Kehamilan dan Mendoakan Keselamatan

Tingkeban, sebuah tradisi Jawa yang unik dan sarat makna, merupakan upacara adat yang dilakukan untuk merayakan kehamilan dan mendoakan keselamatan ibu dan janin. Upacara ini biasanya dilakukan pada usia kehamilan tujuh bulan, tetapi waktunya bisa bervariasi tergantung kebiasaan setempat. Lebih dari sekadar ritual, tingkeban merupakan manifestasi dari kearifan lokal Jawa yang kaya akan simbolisme dan nilai-nilai luhur. Artikel ini akan mengupas tuntas berbagai aspek budaya tingkeban, mulai dari sejarah dan asal-usulnya, prosesi dan ritual yang dilakukan, hingga makna dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.   Sejarah dan Asal-Usul Tingkeban: Jejak Tradisi di Tanah Jawa Asal-usul tradisi tingkeban masih menjadi perdebatan para ahli, namun umumnya diyakini sebagai perpaduan antara kepercayaan animisme, dinamisme, dan ajaran agama Islam yang telah berakar kuat dalam budaya Jawa. Kata "tingkeban" sendiri berasal dari kata "tingkep," yang berarti membung...